Monday, September 1, 2014

Pemilihan investasi sesuai dengan karakter Anda

Investasi merupakan suatu kegiatan penempatan dana pada aset produktif dengan harapan mendapatkan pertumbuhan modal ( capital growth ) dalam jangka waktu tertentu. Pada dasarnya investasi secara konvensional dapat diartikan sebagai suatu kegiatan bisnis yang pasif. 
Berinvestasi adalah salah satu langkah strategis yang bisa dilakukan setiap orang untuk menghasilkan uang lebih. Namun, sering kali kita bingung investasi apa yang sesuai dengan kebutuhan.

Yang perlu Anda ingat sebelum berinvestasi adalah slogan “teliti sebelum membeli”. Artinya, Anda harus meneliti produk dan jasa apa pun yang akan dibeli, termasuk meneliti apakah produk tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikan tingkat resikonya dari jenis investasi yang ada seperti: 

Jenis Investasi untuk Si Konservatif
Konservatif merupakan jenis investasi dengan resiko yang kecil. Investor yang bermain dalam level ini biasanya lebih memilih mendapatkan keuntungan dalam skala kecil namun aman daripada mencari keuntungan yang besar namun penuh dengan resiko.
Bagi anda yang merasa masih pemula, maka akan sangat pas untuk memilih investasi seperti ini. Tujuan utama dari jenis penginvestasian ini adalah mencari keuntungan secara berkesinambungan  dengan menghindari resiko sekecil apapun.
Dengan memiliki modal awal minim dapat memilih investasi yang berkategori berjangka pendek. Pilihan produk investasi ini seperti contoh adalah deposito berjangka.
Hint: keuntungan (bunga) kecil, sehingga tidak cocok untuk jangka panjang.
  
Jenis Investasi untuk Si Moderat
Moderat merupakan jenis investasi resiko menengah. Tujuan moderat investor adalah mencari kesimbangan nilai penginvestasian mereka dengan menekankan porsi yang seimbang antara resiko dengan keuntungan yang bisa dihasilkan.
Pilihan produk investasi menengah, seperti: obligasi yang diterbitkan oleh swasta ataupun oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Hint: saat memilih investasi, perhatikan nilai portfolio investasi anda. Jangan berkembang terlalu lamban.

Jenis Investasi untuk Si Agresif
Pada jenis investasi resiko tinggi ini, cocok untuk anda yang agresif dan risk taker. Agresif dalam artian berani dan siap mengambil resiko sebesar apapun. Asalkan mereka dapat memaksimalkan keuntungan yang ingin didapatkan.
Tujuan agresif investor adalah motto high risk high return. Dengan sudah menanamkan pola pikir kalau nantinya mengalami kerugian (loss), maka itu adalah bagian dari permainan.
Produk investasi yang dapat dipilih seperti: property, bursa saham, valas, investasi emas, trading oil atau indeks.  
Hint: jika jiwa anda risk taker, tetap fokus dan jangan gegabah dalam setiap keputusaannya.

Demikian pemilihan investasi sesuai dengan karakter manusia. Pemahaman singkatnya seperti berikut : 
Anda bila menyetir mobil lebih sering Pelan2 (konservatif), Sedang (moderat), atau Ngebut (agresif) ??  ya dipilih ya dipilih ya dipiliiiiihhhh :) 

(http://www.futuresgalleriablog.com)

No comments:

Post a Comment